Ilmu Pengetahuan Sosial dan Alam

Tuesday, October 13, 2015

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral

Manusia setiap hari sibuk bekerja untuk mencari nafkah, seperti halnya manusia pada umumnya. Adapun kegiatan yang dinamakan mencari nafkah adalah bekerja seperti  menjadi seorang pedagang, tukang bangunan, pegawai, petani dan masih banyak lagi yang lainya. Semua kesibukan itu memiliki tujuan yang utama, yaitu memperoleh benda ekonomi yang tujuannya terbatas dengan tujuan memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarganya.

Prilaku manusia yang berusaha untuk mendapatkan barang ekonomi atau homo economicus, yaitu manusia selalu berpikir atau berupaya untuk memenuhi kebutuhanya sesuai dengan ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi.
Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral
Kegiatan ekonomi masyarakat
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhanya yang tidak terbatas guna mencapai kemakmuran. Kata Ekonomi berasal dari bahasa latin, yakni oikonomia. Oikos artinya rumah tangga dan nomos artinya aturan. Dengan demikian pengertian ekonomi dapat di artikan sebuah aturan rumah tangga.

Mempelajari ekonomi sangat penting artinya bagi manusia, karena dengan mempelajari ekonomi, manusia dapat berpikir rasional dalam menggunakan sumber daya yang jumlahnya terbatas dan dapat menyusun skala prioritas kebutuhan secara tepat. Manusia dalam usahanya untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan dengan prinsip ekonomi hendaknya harus di dasari oleh sikap mental sebagai manusia ekonomi yang bermoral. Dengan demikian, apa artinya manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermorah ?

Manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral adalah sebuah upaya manusia dalam usahanya dalam mendapatkan alat pemuas kebutuhan dengan melakukan usaha mengendalikan diri dan memjunjung tinggi nilai luhur sebagai insan beragama, menjunjung tinggi norma-norma sosial, menggunakan ilmu ekonomi secara wajar, tidak merugikan orang lain, berhemat, tidak pamer kekayaan, mengeksploitasi sumber daya alam secara efektif, serta memperhatikan kelestarian lingkungannya.

Ilmu Ekonomi pada kehidupan manusia memang sangat berperan penting, karena ekonomi merupakan sebagian kunci kesuksesan hidup manusia setelah keagamaan. Terkadang manusia menjadikan ekonomi menjadi tujuan utama dalam kehidupan manusia.  Dan pada akhirnya membuat mereka menjadi seorang yang haus akan harta, menilai seseorang dari hartanya,menilai sebuah kehidupan dengan harta, seakan-akan hidup tanpa harta itu adalah sebuah kehidupan yang gagal.

Sebuah ilmu ekonomi akan menjadi lebih sempurna jika selalu di barengi dengan ilmu agama. Karena dengan demikian, hidup akan semakin selaras,  dan akan tercipta Manusia sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral. Bagi mereka yang bisa menguasai ilmu ekonomi secara benar, maka mereka akan merasakan manfaat dari ilmu tersebut, tapi bagi mereka yang tidak dapat menterjemahkan akan arti Ilmu Ekonomi yang sesengguhnya, maka mereka akan merasa tersiksa oleh kehidupan dunia.

Sekian dari kami atas pembahasan artikel tentang Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral. Semoga saja ini bisa menambah wawasan kita akan kehidupan manusia tentang ekonomi pada kehidupan sehari-hari kita. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan jika artikel ini benar, maka itu datangnya dari Alloh SWT, dan jika salah, maka itu datangnya dari kami pribadi. Maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 
, ,

No comments:

Post a Comment