Ilmu Pengetahuan Sosial dan Alam

Sunday, October 11, 2015

Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Ekonomi

Lingkungan Ekonomi adalah faktor ekonomi yang mempengaruhi jalanya usaha atau kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik jika di dukung dengan sejumlah faktor yang mempengaruhi dan mendukungnya. Contoh faktor tersebut adalah ekonomi pemerintah, pendapatan masyarakat, sumber daya ekonomi yang tersedia dan lain sebagainya.

Lingkungan ekonomi dapat dikatakan mendukung jika pemerintah mampu membuat kebijakan ekonomi atau aturan yang memungkinkan aktivitas ekonomi berjalan dengan baik, mampu menjamin ketersediaan sumber daya yang di butuhkan, mampu mengatur persaingan usaha dan seterusnya. Jika tidak, maka lingkungan ekonomi suatu negara dikatakan tidak mendukung.

Pendapatan masyarakat juga menjadi faktor penting dalam lingkungan ekonomi. Jika secara perorangan maupun perusahaan akan membuka usaha, maka sangat penting untuk memperhatikaan pendapatan masyarakatnya. Sebagai contoh sebuah perusahaan kendaraan bermotor akan membuka sebuah pabrik mobil suatu wilayah.
Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Ekonomi
Perusahaan Mobil
Maka perusahaan tersebut harus memastikan bahwa pendapatan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut memiliki kemampuan untuk membeli atau memiliki mobil. Jika tidak, maka perusahaan tersebut akan gagal memenuhi target penjualannya.

Kegiatan usaha sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya yang ada di suatu daerah atau wilayah. Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya alamnya ataupun sumber daya manusianya. Jika sumber daya alam yang berperan sebagai bahan produksi tidak tersedia secara terus menerus, kegiataan ekonomi tersebut akan terganggu.

Manusia dalam kehidupan sehari-hari melakukan Interaksi dengan lingkungan ekonominya. Mereka melakukan aktivitas ekonominya dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang tersedia. Sumber daya ekonomi adalah alat yang di gunakaan untuk memenuhi kebutuan manusia, baik itu berupa barang ataupun jasa. Sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan memrupakan sumber daya ekonomi. Sumber daya alam dapat berupa lahan, bahan tambang, hewan, tumbuhan dan sebagainya.

Tenaga kerja merupakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa. Sementara itu, kegiatan ekonomi tidak dapat berjalan jka di dukung oleh ketersediaan modal  dan kewirausahaan. Untuk memenuhi kebutuhanya, manusia melakukan kegiatan ekonomi berupa kegiatan jual beli atau perdagangan, kegiatan pengolahan sumber daya alam penyediaan jasa dan lain-lain.

Setiap hari manusia melakukan kegiatan untuk memperoleh pendapatan dan memperoleh barang dan jasa dari hasil pendapatanya. Aktivitas tersebut dapat berlangsung jika lingkungan ekonomi mendukung aktivitasnya. Kegiatan ekonomi memang menjadi salah satu faktor yang terpenting dalam kehidupan, baik itu kehidapan perorangan, kelompok ataupun bernegara. Karena pada era sekarang ini, semua kegiatan selalu di kaitkan keuangan ( Ekonomi ).

, ,

No comments:

Post a Comment