Ilmu Pengetahuan Sosial dan Alam

Wednesday, October 14, 2015

BENTUK KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Negara yang ingin mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat pada dasarnya tidak hanya mengutamakan kerja sama ekonomi antar negara.Tetapi perlu dilakukan kerjasama di bidang lain,seperti bidang sosial,politik,budaya,teknologi,ilmu pengetahuan,dan tenaga ahli.Kerjasama itu perlu dilakukan karena setiap negara mempunyai perbedaan di bidang-bidang tersebut.
BENTUK KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL
Bendera Negara-negara di dunia
Suatu negara bisa saja dianggap istimewa  bagi negara yang lain karena perbedaan-perbedaan seperti :
• Letak geografis
• Iklim dan keadaan tanah
• Kekayaan sumber daya alam
• Tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
• Ekonomi,Sosial,Budaya
• Sistem produksi,distribusi,dan konsumsi
• Sistem politik dan masih banyak lagi.
Pertukaran produksi,tenaga ahli dan pertukaran lainnya terjadi antara suatu negara dengan Negara lainnya.
Kekurangan suatu negara dipenuhi oleh negara yang telah surplus.Kelebihan produksi suatu negara dikirim ke negara lain yang minus atau berkekurangan.Semua perbedaan itu menjadi pendorong yang kuat ke arah terbentuknya kerjasama antar Negara.

Secara garis besar,bentuk kerjasama itu dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Menurut daerah dan wilayah geografis,misalnya kerjasama antarNegara Asia,Eropa,Amerika Latin dan  kerjasama regional lainnya.
2. Menurut tujuan dan sifat usaha,banyak terbentuk organisasiseperti kerjasama antarNegara di bidang usaha dan kepentingan tertentu.Misalnya,kerjasama di bidang sumber daya alam,produksi,kesehatan,keuangan,investasi,tenagakerja,pembangunan daerah,olahraga,keamanan dan pertahanan,dan bidang usaha-usaha lainnya.
Fungsi dari  berbagai macam bentuk kerjasama internasional adalah sebagai berikut :
1. Menyebarluaskan hasil produksi suatu Negara ke negara lain.
2. Memperoleh hasil produksi yang tidak dapat diproduksi di dalam negri.
3. Terjadi semacam spesialisasi produksi, misalnya negri Belanda memproduksi keju, Prancis memproduksi Anggur dan sebagainya.
4. Terjalin persehabatan dan saling membantu di antara bangsa-bangsa di dunia.
Negara yang menghasilkan suatu produk di namakan Produsen. Sementara itu, negara yang memanfaatkan hasil produksi suatu negara dinamakan negara konsumen. Negara yang memberikan bantuan di namakan negara donor, Sedangkan Negara yang menerima bantuan dinamakan negara aksepktor.

Kerjasama antar negara yang terbesar diwujudkan dalam bentuk organisasi atau persrikatan bangsa-bangsa yaitu United Nations Organization (UNO). Organisasi PBB lahir pada tanggal 24 Oktober 1945, yaitu dengan di tandai dengan penanda tanganan Piagam PBB ( United Nations Charter ) di San Fransisco.

Hakekat kerjasama ekonomi Internasional adalah kegiatan ekonomi antara dua negara atau lebih yang saling mengadakan kerjasama dalam bidang ekonomi dengan tujuan saling menguntungkan semua pihak yang terkait.

Kerjasama antar kedua negara atau lebih, sangat besar menfaatnya untuk semua pihak yang terlibat jika mencapai kesepakatan bersama. Kerjasama yang ada dalam kegiatan ini bisa mencapai semua aspek-aspek berlaku, seperti halnya bidang ekonomi, pendidikan, keamanan pertahanan. Dengan demikian organisasi atau perkumpulan negara-negara tersebut jadi memiliki jalinan persahabatan yang lebih erat.
,

No comments:

Post a Comment